Goodie Bag Adalah dan Perbedaannya dengan Totebag

Goodie bag adalah istilah untuk menyebut tas hadiah. Kenali definisinya dengan baik agar tidak tertukar dengan totebag karena bentuknya yang hampir sama.

Goodie bag sebenarnya berasal dari istilah “goody bag”. Penulisan goody adalah yang benar secara bahasa. Namun, kata goodie-lah yang dipilih secara umum untuk menyebut tas hadiah ini.

Bentuk tas ini sangat simpel, hampir menyerupai totebag. Tak heran bila banyak yang berpikir bahwa keduanya sama. Padahal, jika dirunut secara detail, keduanya jelas berbeda.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas definisi dari goodybag dan perbedaannya dengan tote bag. Selamat menyimak sampai selesai.

Definisi goodie bag adalah

Sebagaimana dijelaskan di atas, pemakaian istilah goodie bag kini sudah berlaku umum di Indonesia. Istilah ini lebih terkenal dibanding versi aslinya yang benar yakni “goody bag”.

Definisi goodie bag adalah

Goody bag sendiri merupakan istilah dalam bahasa inggris. Diambil dari kata good dan bag yang memiliki arti dasar tas bagus.

Namun, definisi dari istilah goody bag sendiri adalah sebuah tas yang berisi hadiah kecil. Jadi, secara ringkas istilah ini diartikan sebagai tas hadiah.

Bag satu ini umumnya diberikan kepada pengunjung, pemenang hadiah, tamu ulang tahun, tamu pesta tertentu, atau yang lainnya. Di dalam tasnya sudah ada hadiah bagi penerimanya.

Karena fungsinya yang sederhana, bentuk tas ini juga cukup sederhana. Bentuknya persegi panjang dengan tambahan tali pegangan yang ada di kedua sisi tas bagian atas.

Bentuknya yang sederhana ini membuatnya hampir menyerupai totebag, padahal keduanya berbeda.

Perbedaan tote bag dan goodie bag

Perbedaan tote bag dan goodie bag

Untuk memahami lebih detail mengenai goodie bag adalah, berikut ini kami rangkum beberapa poin yang membedakan goody bag dan totebag:

Bahan

Meskipun memiliki bentuk yang sama-sama sederhana, tas hadiah ternyata memiliki bahan yang sedikit berbeda dengan bahan totebag.

Goody bag umumnya dibuat dari bahan-bahan seperti art paper, paper, art carton, hingga bahan non woven seperti spunbond.

Sedangkan bahan totebag jauh lebih variatif. Anda bisa membuatnya dari kain polyester, kanvas, nylon, kain goni, dan yang lainnya. Bahkan, bahan spunbond juga masih bisa dipakai untuk membuat tas jinjing satu ini.

Perbedaan bahan ini berkaitan erat dengan fungsinya. Di mana bahan totebag yang bagus biasanya cenderung kuat dan tahan lama.

Lalu, apa mungkin goody bag berbahan kain? Mungkin saja, asalkan ada permintaan dari pembeli. Biasanya, hal ini dilakukan supaya tas hadiahnya menjadi lebih kuat atau terkesan lebih mahal sehingga bisa menjadi alat branding tersendiri buat perusahaan.

Fungsi

Fungsi dari kedua tas ini juga berbeda. Kalau goodie sudah jelas fungsinya adalah untuk menampung benda kecil yang hendak dihadiahkan atau diberikan kepada orang lain.

Sementara itu, fungsi totebag lebih luas. Anda bisa menggunakan totebag untuk berbelanja, membawa dokumen tertentu, membawa pakaian, atau benda-benda berukuran besar dan berat lainnya. Tentu saja, pemanfaatannya juga harus disesuaikan dengan ukuran tasnya.

Harga goodie bag vs totebag

Perbedaan lain totebag dan goodie bag adalah soal harga. Karena fungsi goody mau dibagikan secara gratis kepada orang lain, maka tentu harganya harus lebih murah dibanding totebag.

Anggaran yang dibutuhkan untuk membuat goodybag tentu harus sedikit. Sebab, umumnya goodybag dibuat dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu oleh satu pemesan.

Sementara totebag memiliki harga yang bervariasi tergantung pada bahan yang digunakan, ukurannya, hingga tipe dan modelnya.

Desain

Soal desain, keduanya juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Goody bag yang pada dasarnya hanya berguna untuk memberikan hadiah memiliki desain simpel dan cenderung itu-itu saja. Paling hanya ditambahi sablon yang berisi keterangan atau tulisan pemberi hadiah atau acaranya.

Sementara untuk totebag, desainnya variatif. Anda bisa menemukan desain yang lebih kece, fashionable, dan trendy. Hal ini karena tas ini tidak hanya berfungsi sebagai wadah untuk memberikan hadiah tetapi juga dipakai untuk jalan-jalan, membawa barang ke kantor, liburan, atau yang lain.

Anda mungkin tidak hanya akan menemukan sablon tulisan di sebuah totebag. Melainkan juga sablon gambar tertentu hingga aksesori kecil yang akan mempercantik tasnya.

Dengan desain semacam ini, Anda pun bebas mau memadukan totebag dengan pilihan baju dan gaya fashion sehari-hari. Mulai dari ke kantor, hangout bersama teman, atau sekedar berbelanja biasa.

Cara pembuatan

Perbedaan yang terbilang mencolok dari keduanya adalah cara pembuatannya. Umumnya, tas hadiah tidak dijahit. Dia cukup dilem atau disatukan memakai mesin pemanas. Tujuannya adalah agar bahannya merekat dengan baik.

Sementara itu, totebag jelas butuh proses jahit oleh tenaga ahli supaya hasilnya bagus.

Namun, proses ini kembali ke pemesan. Jika Anda memang menghendaki tas hadiah yang dijahit, maka sebaiknya komunikasikan dan pesan langsung ke konveksi tas murah. Dengan begitu, fungsi lain goodie bag adalah tidak hanya sebagai tas hadiah tetapi bersifat multifungsi buat penerimanya.