Blog

Bahan PU Leather Tas: Arti, Kelebihan, Kekurangan, Perbandingan

23 Nov 2022 09:15:40
Kelebihan dan kekurangan bahan PU leather tas

Bahan PU leather tas merupakan solusi buat Anda yang menghendaki tas kulit dengan harga yang murah. Yuk kenali karakteristik, kelebihan, dan kekurangannya.

Material sintetis ini populer karena memiliki tampilan luar yang menyerupai kulit asli. Harganya yang murah memungkinkan produsen membuat tas kulit untuk kalangan menengah.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan ulasan tentang bahan kulit satu ini. Selamat menyimak.

Bahan PU leather tas adalah

PU merupakan kependekan dari polyurethane, yakni sejenis plastik yang aspek dan nuansanya mirip sekali dengan kulit asli. Sedangkan leather merupakan bahasa inggris yang artinya kulit.

Bahan PU adalah

Dengan kata lain, bahan PU leather adalah kain kulit sintetis yang 100% buatan manusia. Bukan diambil langsung dari hewan atau binatang asli.

Saking murni sintetisnya, ada yang menyebut bahan ini sebagai kulit vegan. Selain itu, banyak juga orang yang menyebut kain ini dengan nama tas kulit bicast.

Material ini dikenal sebagai salah satu kulit sintetis terbaik yang tersedia di pasaran. Pasalnya, tampilan kainnya hampir menyerupai kulit asli. Bahkan, orang awam yang tidak terbiasa menjumpai tas kulit akan sulit untuk membedakan mana yang asli dan mana yang buatan (sintetis).

Salah satu tujuan digunakannya PU untuk membuat tas adalah memperluas pangsa pasar. Di mana masyarakat kalangan bawah yang ingin punya tas kulit bisa turut membelinya. Hal ini karena harga PU jauh lebih murah dibanding versi aslinya.

Jika Anda tertarik untuk memiliki salah satu tas kulit PU, maka silakan simak karakteristik umum dari material ini:

  • Memiliki bau yang khas mirip dengan versi asli.
  • Punya pori-pori kulit seperti aslinya.
  • Sifatnya ringan.
  • Teksturnya lentur dan fleksibel.
  • Tidak mudah lembap.
  • Ramah lingkungan.
  • Daya tahannya baik dibanding kulit sintetis lain. Meski masih kalah dibandingkan versi aslinya.

Lewat karakteristik umum di atas, sudah cukup jelas bahwa bahan ini punya keunggulan yang baik.

Kelebihan dan kekurangan bahan PU leather tas

Kelebihan dan kekurangan bahan PU leather tas

Supaya lebih jelas mengenai kelebihan dan kekurangannya, berikut ini kami rangkum keunggulan dan kelemahannya untuk Anda:

Kelebihan kain PU

Di bawah ini adalah beberapa keunggulan dari material PU:

· Tampilan mirip kulit asli

Tampilan luar bahkan bau tasnya menyerupai kulit asli. Inilah yang menjadi keunggulan utama dari material PU ini.

Dengan tampilan semacam ini, Anda pun bisa tetap tampil kece dengan tas kulit imitasi yang seperti asli. Tentu saja tetap bisa tampil elegan dan mewah.

· Harga terjangkau

Menariknya lagi, untuk mendapatkan bag yang mirip dengan versi aslinya tersebut, Anda tidak perlu merogoh kocek banyak-banyak. Hal ini karena PU leather dikenal dengan harganya yang sangat murah sehingga bisa merambah kelas menengah.

· Water resistant

Bahan ini juga punya sifat water resistant. Artinya, saat tasnya terkena air permukaannya akan lebih cepat kering dan tidak mudah lembap. Perawatannya pun tergolong lebih mudah karena Anda bisa mengusapnya dengan kain handuk atau tisu.

· Lebih awet ketimbang jenis kulit lainnya

Daya tahan produk ini sangat bagus dibanding material sintetis lain. Salah satu contoh material sintetis yang juga cukup sering dipakai di pasaran adalah taiga dan PVC.

· Tahan gesekan, goresan, dan tidak mudah retak

Salah satu hal yang mungkin mengganggu saat memakai tas leather adalah adanya gesekan atau goresan yang kemudian akan meninggalkan bekas.

Kabar baiknya, bahan ini cukup kuat sehingga bisa menahan gesekan dan goresan tersebut.

Selain itu, bila umumnya kulit imitasi mudah sekali mengalami retak, rapuh, atau lepas semua, PU leather tidak demikian.

Dia membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat retak. Artinya, Anda bisa memakai tasnya dalam jangka waktu lama.

· Ramah lingkungan

Selain keunggulan di atas, ada satu hal lain yang tidak bisa dipandang sebelah mata, yakni soal ramah lingkungan.

Dengan memakai material ini berarti Anda tidak turut mendukung pemanfaatan hewan dalam pembuatan tas.

Kekurangan kain PU

Kelebihan PU leather memang cukup banyak. Namun, Anda juga perlu memperhatikan kekurangannya. Salah satunya adalah warnanya mungkin bisa memudar seiring berjalannya waktu. Khususnya, pada saat tasnya sering terpapar sinar matahari langsung.

Maka dari itu, penting sekali buat Anda untuk memperhatikan perawatan terbaik buat tasnya. Jangan sampai membiarkannya saja.

Beda PU leather dan kulit sintetis

Disampaikan di atas bahwa PU leather merupakan kulit sintetis terbaik. Salah satu pembedanya adalah taiga.

Kedua bahan ini berbeda jauh. Anda bisa langsung melihatnya pada permukaan kulitnya di mana PU memiliki tampilan yang tampak seperti kulit asli sementara taiga memiliki tekstur bergaris-garis.

Selain taiga, Anda juga bisa membandingkannya dengan PVC. Di mana perbedaan keduanya terletak pada lapisan PVC yang menggunakan bahan seperti katun, kanvas, dan bahan lainnya. Sementara PU memiliki lapisan kulit asli.

Cara merawat tas bahan PU leather

Perawatan merupakan satu hal mutlak yang harus Anda lakukan jika memiliki bahan PU leather tas. Tanpa perawatan yang baik, bisa jadi kelebihan kulitnya tidak akan bisa dinikmati secara maksimal. Dengan kata lain, tasnya mungkin tidak akan awet atau mudah retak.

Di bawah ini adalah beberapa trik perawatannya:

  • Simpan tasnya di dalam dustbag.
  • Jaga kelembapan tas tersebut jika Anda menyimpannya di ruangan yang tertutup rapat atau rentan lembap.
  • Jika permukaannya kotor, segera bersihkan dan jangan sampai menunggu nodanya terserap.
  • Apabila butuh mencuci, cucilah pakai air tanpa detergen. Cucilah hanya pada bagian yang kotor menggunakan sabun bayi. Hindari gosokan.
  • Agar warnanya tidak mudah pudar, Anda bisa mengoleskan pelembap ke permukaannya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda tahu. Kami mengerti bahwa bagi orang yang belum terbiasa, menemukan bahan PU leather tas terbaik itu lumayan sulit. Untuk itu, kami selaku konveksi tas murah siap menjadi partner Anda untuk membuat bag terbaik berbahan kulit sintetis ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp