Bisnis Tas Buatan Sendiri Handmade, Jualan Sampai Sukses

Yuk coba buka bisnis tas buatan sendiri handmade dengan kualitas terbaik. Bisnisnya terbukti bisa bikin sukses meski dijadikan sampingan.

Ada banyak orang yang sudah berhasil menggeluti jenis usaha handmade ini. Bahkan, di antara mereka adalah mahasiswa yang memulai bisnisnya dari kos-kosan.

Artinya, usaha ini bisa dijalankan oleh siapa saja. Baik itu oleh orang yang sibuk dengan aktivitas tertentu, maupun orang-orang yang punya banyak waktu luang.

Apabila Anda mau mencobanya juga, kami akan mengulas caranya dalam artikel ini. Selamat menyimak sampai selesai.

Mengenal bisnis tas buatan sendiri

Sesuai dengan namanya, usaha ini berbasis handmade. Artinya, Anda harus membuat tasnya sendiri. Seluruh proses dari pemilihan bahan tas yang bagus dan awet hingga produknya siap dipasarkan, semuanya tidak lepas dari campur tangan Anda.

Mengenal bisnis tas buatan sendiri

Bahkan, ada pula yang memang berdiri sendiri tanpa dibantu karyawan untuk menjalankan proses awal sampai akhir. Termasuk proses pemasarannya kepada para pelanggan.

Nah, karena tasnya harus dibuat sendiri, skill pertama yang harus dimiliki untuk membuka usaha ini adalah kemampuan untuk membuat tas.

Yang menjadi masalah, kadang Anda bisa membuat tas jenis A tapi tidak bisa membuat jenis B. Maka dari itu, penting untuk menentukan jenis tas handmade yang mau dipasarkan.

Adapun contoh handmade bag yang mudah dipelajari dan banyak dipilih oleh para pengrajin adalah:

Masing-masing bahan dan jenis di atas cukup mudah untuk dibuat. Ada yang mudah karena modelnya simpel, ada pula yang mudah karena tidak memerlukan alat-alat tambahan seperti mesin jahit.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih salah satu jenis tas di atas, yakni jenis yang paling dikuasai cara pembuatannya.

Tips sukses usaha membuat tas handmade

Tips sukses usaha membuat tas handmade

Setelah memilih jenis yang paling tepat, kini saatnya roda bisnisnya berputar. Berikut ini beberapa tips untuk menjalankan usahanya sampai sukses:

1. Menyiapkan modal usaha tas wanita

Jumlah dana yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini tidak terlampau besar. Untuk tas rajut misalnya, Anda tidak membutuhkan mesin jahit, melainkan hanya bahan-bahan untuk membuat tas, dan alat merajutnya.

Maka dari itu, yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan tangan untuk merajut secara langsung hari demi hari.

2. Membuat desain yang menarik

Supaya menarik perhatian pembeli, pastikan desain tasnya menarik. Kalau perlu, silakan cari referensi model bag kekinian sesuai dengan pangsa pasar yang dituju.

Sebagai contoh, Anda menyasar pasar anak muda, maka tentu saja model tasnya juga harus disesuaikan dengan selera anak muda. Sebaliknya, apabila target market-nya adalah ibu-ibu, maka buatlah bag yang desainnya menarik dan multifungsi buat mereka.

3. Menentukan harga secara tepat dan masuk akal

Menentukan harga itu susah-susah gampang. Namun, hal ini tetap harus dilakukan dengan cermat supaya tasnya bisa bersaing harga dengan produk lain sekaligus tetap memberikan keuntungan kepada pembuat tasnya.

Untuk menentukannya, silakan hitung berapa harga bahannya, cek harga produk pesaing, dan tentukan margin yang dikehendaki sehingga rasa capek membuat tasnya terbayar lunas.

Pertimbangkan dengan matang sebelum memberitahukan harganya ke khalayak.

4. Perhatikan dan pertahankan kualitas terbaiknya

Kualitas terbaik itu penting. Pasalnya, kualitas inilah yang akan menjadi penentu keberlangsungan usaha Anda, akan panjang atau tidak.

Dengan kualitas terbaik, para pelanggan yang merasakan tasnya juga bisa repeat order atau memberikan rekomendasi kepada teman, saudara, dan orang lain untuk membeli kepada Anda.

5. Manfaatkan media sosial dan dunia digital untuk pemasaran

Media sosial kini menjadi media yang sangat ampuh untuk melakukan pemasaran produk-produk sendiri. Tidak terkecuali tas.

Silakan lakukan pemasaran melalui Instagram, Facebook, Tiktok, atau media sosial lain yang Anda miliki. Kenalkan juga produknya di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan yang lainnya.

Cara ini akan meningkatkan brand awareness dan jadi salah satu metode branding yang cukup cepat menyebar di seluruh wilayah Indonesia.

6. Minta review dan testimoni pelanggan

Review dan testimoni sangat penting untuk membuat dagangan laris. Pasalnya, testimoni bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan dan calon pembeli.

Terakhir, jika Anda ribet dan tidak bisa menjalankan bisnis tas buatan sendiri, silakan bekerja sama dengan konveksi tas terpercaya. Kami sudah berpengalaman dalam bidang ini dan siap membuatkan produk terbaik untuk Anda jual sesuai dengan keperluan.