Blog

Definisi Furing Tas Adalah dan Beragam Jenis Terbaik

22 Nov 2022 04:59:59
Pengertian furing tas adalah

Furing tas adalah bagian penting dalam pembuatan bag. Mari kenali pengertian dan fungsinya agar mudah menentukan jenis kain terbaik.

Furing merupakan sebuah lapisan tambahan yang disematkan pada produk garmen. Tidak hanya tas, Anda juga bisa menemukan lapisan ini pada baju, rok, jaket, dan yang lainnya.

Umumnya, kain yang digunakan lebih tipis dari pada kain utamanya. Maka dari itu, penting sekali buat Anda untuk pandai memilih bahan yang cocok buat furing pada bag.

Pengertian furing tas adalah

Furing tas yaitu lapisan tambahan yang ada pada sebuah tas. Lapisan tambahan ini berupa kain yang biasanya lebih tipis dari pada bahan utamanya.

Pengertian furing tas adalah

Misalnya, Anda membuat totebag. Maka, Anda akan membutuhkan bahan totebag yang bagus sebagai pembentuk utama dari bag tersebut. Kemudian, Anda juga bisa menambahkan kain tipis di bagian dalamnya sebagai furing.

Kedua bahan ini kemudian dijahit menjadi satu supaya membentuk satu kesatuan bag yang tidak hanya indah tetapi juga memiliki fungsi maksimal.

Hal yang sama juga berlaku untuk jenis bag lainnya seperti ransel, tas selempang, handbag, koper, dan yang lainnya. Untuk membuat bags tersebut, Anda tidak hanya butuh satu jenis bahan, melainkan lebih dari itu.

Agar lebih jelas, Anda tentu sering melihat dalam sebuah koper biasanya ada kain tipis yang ada di dalamnya. Material inilah yang langsung bersentuhan dengan benda yang dimasukkan dalam koper. Itulah yang dinamakan furing.

Fungsi furing tas

Pertanyaannya, mengapa memberikan furing pada tas itu penting? Untuk mengetahui alasannya, silakan simak fungsi furingnya di bawah ini:

1. Sebagai lapisan dalam bag dan pembentuk kompartemen berbeda

Sebagaimana diketahui, di dalam sebuah bag terdapat sejumlah kompartemen berbeda yang memiliki ukuran dan fungsi beragam. Ada yang ukurannya besar, ada pula yang kecil.

Kompartemen ini biasanya dibuat dengan furing, bukan bahan utamanya.

Untuk bag berbahan kulit misalnya, di dalamnya ada kain tipis yang membentuk kompartemen kecil untuk membawa atau meletakkan barang.

2. Tas makin rapi

Dalam tas, ada bekas jahitan dari bahan utama yang kadang tidak sedap dipandang mata. Nah, tugas furingnya adalah untuk menutupi kekurangan tersebut dan membuatnya terlihat rapi.

3. Kemudahan dalam perawatan tasnya

Saat ada noda yang ada di dalam bag, Anda cukup membersihkan furingnya yang jelas akan lebih cepat kering karena kainnya yang tipis.

4. Membuat tas yang terlihat lebih tebal

Dengan tambahan lapisan dalam, bag juga akan terlihat lebih tebal dan kuat.

5. Memberikan efek adem

Saat bahan utama tas bersifat panas, furingnya bisa membuat bagian dalam bag terasa lebih adem sehingga saat bersentuhan dengan kulit, tasnya akan terasa adem dan nyaman.

Jenis kain furing untuk tas

Kain furing yang dipakai untuk ransel, koper, dan jenis lainnya umumnya berbeda dengan pakaian. Bila pada pakaian, Anda menemukan kain dalaman dengan ciri yang tipis dan adem, maka pada bag Anda membutuhkan yang punya ciri di bawah ini:

  • Agak tipis (sedikit lebih tebal dari furing pakaian).
  • Kainnya kaku.
  • Umumnya dipilih yang permukaannya bertekstur.

Salah satu jenis kain yang umum digunakan sebagai furing bag adalah kain parasut. Di bawah ini adalah beberapa jenis kain parasut yang bisa Anda gunakan:

  • Tafeta 190T.
  • Parasut super.
  • Parasut diamond.
  • Kain parasut honey cons.
  • Bahan parasut tipis.

Selain parasut, Anda juga bisa pakai kain asahi atau spunbond yang juga bisa dipakai sebagai bahan goodie bag.

Terakhir, kunci dalam menemukan kain furing tas adalah mengenali bahannya. Untuk itu, jika Anda kesulitan mendapatkannya, kami siap membantu. Sebagai konveksi tas Bandung yang berpengalaman, kami sudah melayani banyak pelanggan mulai dari pemilihan bahan, proses pembuatan, hingga tasnya siap digunakan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp