Bahan Bimo Waterproof, Kelebihan, dan Kekurangan

Bahan bimo waterproof sangat cocok untuk tas-tas outdoor. Kenali karakteristik, kelebihan, dan kekurangannya sekarang!

Bimo merupakan salah satu jenis bahan yang termasuk ke dalam kain cordura. Itulah mengapa bahan ini memiliki sifat atau karakter yang menyerupai cordura. Mulai dari kekuatan, tampilan permukaan, hingga ketahanannya terhadap air.

Selain disebut bimo, orang-orang biasanya juga menyebutnya dengan istilah cordura bimo. Bahannya memiliki beragam keunggulan sehingga termasuk ke dalam salah satu bahan tas yang bagus.

Bahan bimo waterproof dan karakteristiknya

Sebagaimana disinggung di atas, bimo merupakan salah satu jenis kain cordura, yakni sejenis kain yang dikenal dengan kekuatannya yang baik hingga kemampuannya dalam menahan air dengan sangat baik.

Bahan bimo waterproof dan karakteristiknya

Dengan kata lain, bimo juga punya karakteristik yang hampir sama. Di mana kainnya bisa menahan air atau waterproof.

Kemampuan anti airnya ini cukup untuk menahan percikan air hujan sehingga tas dan barang di dalamnya tidak akan basah. Tetap kering dan aman.

Selain waterproof, bimo juga punya karakteristik lain, di antaranya adalah:

  • Serat kainnya kuat dan rapat.
  • Daya tahannya bagus dan awet.
  • Bahannya lentur dan tidak kaku.
  • Tidak mudah sobek.
  • Bahannya ringan.

Sekilas karakteristik bimo di atas memberikan gambaran bahwa kain ini punya banyak kelebihan atau keunggulan.

Salah satu contohnya adalah bahwa kainnya ringan namun memiliki kekuatan yang baik. Dengan ciri semacam ini, Anda bisa punya tas yang tidak berat tapi aman dipakai untuk membawa barang-barang berat.

Itulah mengapa material ini lebih sering dipakai untuk membuat tas-tas outdoor seperti ransel, carrier, hingga selempang.

Kelebihan bahan bimo

Kelebihan bahan bimo

Ada beberapa poin yang membuat material ini unggul, di antaranya adalah:

1. Waterproof atau tahan terhadap air

Artinya, ketika dipakai di luar ruangan, Anda tidak perlu takut akan terkena hujan. Sebab meski terkena hujan atau tidak sengaja kecipratan air, barang dan tasnya akan tetap aman.

2. Bisa dipakai sebagai lapisan dalam dan luar

Sebagaimana diketahui, bahan ini memiliki tingkat kelenturan yang baik. Karena bahannya lentur, dia bisa digunakan sebagai lapisan luar maupun dalam dari sebuah ransel, bag, atau yang lain.

3. Bisa dibentuk jadi model apa saja.

Sifatnya yang lentur juga memberikan keunggulan lain berupa dapat dibentuk menjadi model bag apa saja. Para pemilik konveksi tas bisa dengan mudah membuat ransel, travel bag, hingga tas jinjing menggunakan bahan ini. Soal ukuran, tinggal disesuaikan saja sendiri besar kecilnya.

4. Kuat dan awet

Material bimo ini dikenal dengan kekuatannya yang sangat baik sehingga saat digunakan untuk membuat tas, tasnya akan memiliki kekuatan yang sama.

Kekuatan yang baik ini juga berimbas positif pada daya tahan tasnya. Di mana tasnya tidak akan mudah sobek, tetap kuat meski terkena benda yang lumayan tajam, dan pastinya lebih awet. Anda tidak perlu berkali-kali beli tas jika sudah punya bag berbahan bimo.

5. Pilihan warnanya beragam

Opsi warna adalah salah satu hal yang penting untuk tas. dengan ragam pilihan yang banyak, Anda bisa menemukan model dan desain terbaik untuk kemudian dipadukan dengan gaya sehari-hari.

6. Ringan dan tidak memberatkan

Pernahkah Anda mencoba tas baru yang masih kosong tapi terasa berat saat dibawa? Jika iya, kami sarankan untuk segera membuat tas sendiri berbahan dasar bimo saja.

Pasalnya, salah satu kelebihan bahan ini adalah kainnya ringan sehingga tetap bikin nyaman meski tasnya dibawa dalam jangka waktu lama.

Kekurangan bahan bimo waterproof

Di bawah ini adalah kekurangan atau kelemahan cordura bimo:

1. Bahannya cenderung panas

Bimo memiliki sifat yang cenderung panas. Itulah mengapa Anda tidak akan menemukan bahannya dipakai pada pakaian atau produk lain yang langsung bersentuhan dengan kulit.

Khusus untuk tas, bahan ini tetap cocok sebab hanya bersentuhan dengan kulit sekali waktu saja. Tidak terus menerus. Jadi, tingkat kenyamanannya masih cukup memadai.

2. Tampilannya tidak terkesan mewah

Tidak seperti virotex yang tampilannya elegan dan mewah, bahan bimo waterproof memiliki tampilan yang biasa saja.

3. Teksturnya kasar

Teksturnya sedikit kasar sehingga tidak cocok untuk pakaian. Pun jika Anda memakainya untuk tas namun ingin menutupi kekurangan ini, maka dibutuhkan tim yang sudah berpengalaman untuk membuat tasnya.

Kami, konveksi tas Bandung, siap membantu Anda untuk membuat tas dengan bahan bimo waterproof yang original. Jahitan rapi, kuat, dan kualitas terjamin.